KEMBALINYA ROH JAHAT KE RUMAHNYA ( Mat 12 : 43-45)

WASPADALAH! ROH JAHAT MENCARI RUMAH YANG KOSONG, BERSIH TERSAPU DAN RAPI TERATUR; ISILAH RUMAH JIWAMU DENGAN YESUS KRISTUS. (Matius 12: 43-45)                                                                                                                                                           

Bacaan dalam Matius 12: 43-45 dengan perikop “Kembalinya roh jahat” ini adalah perkataan Yesus dalam bentuk perumpamaan. Walaupun dalam bentuk perumpamaan, cerita ilustrasi, namun memilki makna yang nyata tentang cara kerja roh jahat dalam mengganggu manusia. Roh jahat itu nyata, roh jahat itu ada, roh jahat itu berbahaya. Konteks perumpamaan ini adalah Tuhan Yesus bermaksud memperingatkan orang Farisi dan Ahli Taurat atau bangsa Yahudi secara umum yang menolaknya sebagai Mesias, menentang pelayanan-Nya,menolak untuk taat dan percaya kepada-Nya sebagai Tuhan dan Juruselamat. Sementara mereka membanggakan kesalehan mereka dalam menjalankan hukum Taurat dan tradisi nenek moyang agar memperoleh  berkat keselamatan  dari Allah. Mereka tidak tahu bahwa tujuan hukum Taurat yang tertinggi adalah untuk menunjukkan kepada kita standar kesempurnaan Allah, dan kebutuhan kita yang mutlak akan  Yesus Kristus                   (Gal 3:16).                                                                       

    Satu roh jahat yang keluar dari manusia adalah gambaran perubahan mereka yang diluar saja, memang rumah itu bersih tersapu dan rapi teratur tapi dalamnya masih kosong, yg adalah kiasan dari penolakan mereka kepada Yesus untuk memasuki rumah jiwa iman mereka, mereka sudah puas dengan agama Yahudi dengan segala peraturan-peraturannya untuk membersihkan kerohanian mereka. Yesus peringatkan bahwa keadaan mereka akan lebih buruk karena satu roh jahat yang sudah keluar itu (dengan perubahan luar semata),akan kembali bersama tujuh roh yang lebih jahat lagi memasuki rumah jiwa mereka. Tidak heran orang-orang Yahudi yang awalnya menyambut Yesus dengan sukacita karena mukjizat,kesembuhan dan tanda-tanda yang Yesus lakukan di ditengah mereka malah akhirnya menolak Yesus sebagai Mesias Jurusselamat dan menyalibkan Yesus. Yesus berkata, “demikian juga akan berlaku dengan atas angkatan yang jahat ini.”  Generasi yang jadi jahat kepada Yesus karena kerasukan delapan roh jahat. Dalam perumpamaan ini kita bisa juga belajar bahwa menurut Yesus roh jahat itu suka mencari rumah yang kosong, bersih tersapu, dan rapi teratur. Rumah disini adalah analogi atau kiasan dari manusia dengan jiwanya. Roh jahat (unclean spirit, roh najis) ternyata tidak suka dengan tempat yang tandus (waterless land), seperti padang gurun yang tidak berair tapi mencari rumah, rumah ini adalah kiasan dari jiwa manusia. Rumah jiwa manusia yang disenangi roh jahat ciri-cirinya adalah kosong, bersih tersapu dan rapi teratur (ay.44b). Apakah jiwa saudara saat ini kosong, bersih tersapu, rapi teratur? Awas, roh jahat senang untuk masuk .                                                                                                                                                                                             

1. Mari kita  baca ay.43  “Apabila roh jahat keluar dari manusia, iapun mengembara ke tempat-tempat yang tandus mencari perhentian. Tetapi ia tidak mendapatnya.  Siapakah roh jahat (Ing: unclean spirit,roh najis) ini? Roh jahat ini adalah salah satu dari ribuan malaikat yang berontak kepada Allah dengan menjadi pembantunya Iblis, Setan, Beelzebul, pemimpin tertinggi dari roh-roh jahat. Roh jahat itu tidak nampak wujudnya, tidak berbadan, lebih pintar daripada manusia. Roh-roh jahat itu harus memiliki tempat untuk berdiam, bukan di tempat secara fisik bangunan, tapi ternyata di tubuh manusia atau bisa juga di tubuh binatang (Yesus pernah mengusir roh-roh jahat masuk kedalam babi-babi). Dalam 1 Kor 6: 19 dikatakan tentang  tubuh kita orang-orang Kristen yaitu ”tubuhmu adalah bait Roh Kudus yang diam dalam kamu”. Tanpa Kristus di hati anda, tubuh anda tempatsiapa? Roh Kudus atau roh jahat?                                                                                                                                                                                                           

   Yesus tidak pernah mengusir roh jahat atau Iblis dari sebuah bangunan fisik, misalnya rumah kosong,tapi selalu dari dalam diri manusia misalnya orang yang kerasukan Beelzebull, sakit bisu, tuli karena dikuasai setan, , atau 7 roh jahat yg diusir dari Maria Magdalen, kumpulan roh jahat,Legion, yang diusir dari orang Gerasa dll. Ada kepercayaan populer yang mengatakan roh jahat itu senang tinggal di rumah kosong,kuburan angker dsb. Namun dari firman Tuhan yg kita baca ini ternyata roh jahat mencari tubuh manusia yg memiliki jiwa. Justru roh-roh jahat tidak bisa tenang kalau tidak ada orang yang bisa dimasukinya, semakin banyak orang berarti semakin banyak orang yang bisa dimasuki roh-roh jahat itu., bukan semakin sepi oang, tidak terkecuali di gereja. Sadarlah dan Berjaga-jagalah !Lawanmu si Iblis,berjalan keliling sama seperti singa yang mengaum dan mencari orang yang dapat ditelannya.LAWANLAH dia dengan iman yang teguh (1Pet 5:8,9). Iblis mencari orang yang kosong, bukan mencari rumah kosong! Ketahuilah saudara-saudara, orang Kristen yang benar-benar lahir baru dan dipenuhi Roh Kudus tidak bisa kerasukan setan dan roh jahat sampai tidak sadar atau kesurupan, seperti firman Tuhan katakan,’ Kita tahu, bahwa setiap orang yang lahir dari Allah, tidak berbuat dosa; tetapi Dia yang lahir dari Allah melindunginya, dan si jahat tidak dapat menjamahnya. (1 Yoh 5: 18).

Roh Kudus yang ada didalam orang Kristen lebih besar dari roh-roh apapun di dunia ini. Namun hati-hatilah setan masih bisa mempengaruhi pikiran dengan godaan-godaan untuk berbuat dosa,mempengaruhi pikiran sehingga tidak mau bertobat dari sebuah dosa kebiasaan buruk misalnya. Bertobatlah setiap hari dengan kuasa Roh Kudus, “Tunduklah kepada Allah, lawanlah iblis , ia akan kabur daripadamu (Yak 4:7). Orang Kristen yang sejati tidak takut membawa makanan, malam-malam karena takut diganggu setan, tidak memasang jimat apapun ditubuhnya atau didalam rumahnya agar tidak diganggu setan, tidak takut sial karena percaya tahyul nenek moyang yang tidak sesuai dengan kebenaran firman Tuhan. Di dalam Yesus, kita lebih dari pemenang! Berjaga-jagalah dan berdoalah  tapi jangan takut dan kompromi dengan setan dan roh-roh jahat! Amin.

2. Mari kita lihat ay. 44; Lalu ia berkata: Aku akan kembali ke rumah( my house) yang telah kutinggalkan itu. Maka pergilah ia dan mendapati rumah itu kosong,(Ing: empty,unoccupied), bersih tersapu (Ing:swept) dan rapi teratur (Ing: put in order, decorated well).  Karena roh jahat itu tidak menemukan tempat untuk berdiam di luar, ia kembali ke rumah (my house) yang dulu ditinggalinya. Kata rumah ini adalah kiasan dari tubuh manusia yang memiliki jiwa, tempat roh manusia diam, dan bisa juga roh-roh jahat. Roh jahat tidak betah berada diluar, ia senang tinggal di dalam jiwa manusia. Kalau ditafsirkan secara harfiah, Hati-hatilah! Roh jahat bisa kembali lagi kedalam diri seseorang yang dulu pernah ia tinggali, kalau ia kosong. Seperti yang dikatakan Tuhan Yesus dalam ay.44 b: Maka pergilah ia dan mendapati rumah itu kosong,(empty,unoccupied), bersih tersapu (swept) dan rapi teratur (put in order,decorated well).   Ini adalah gambaran orang yang berubah diluarnya saja, apakah itu  melalui agama, hukum (Taurat),aturan-aturan moral, “bersih-bersih diri”, tapi tetap kosong jiwanya, karena tanpa melibatkan kuasa Roh Kudus, tanpa Yesus Kristus sebagai penguasa hidupnya.                                                                                                                                                                                                           Manusia dalam perumpamaan ini hanya diluarnya saja bersih tersapu dan rapi teratur (Cuma dekorasi luarnya saja bagus), tapi sayang didalam batinnya masih kosong, tidak ada penjaganya yaitu Yesus Kristus. Hanya oleh Yesus Kristus manusia bisa berubah secara kodrati, menjadi manusia baru, ciptaan baru di dalam Kristus ( 2 Kor 5: 17), kembali kepada gambar dan rupa Allah yang telah diptakan sebelumnya, sebelum manusia jatuh dalam dosa. Tanpa Yesus, perubahan apapun tidak kekal.

 

Perubahan yang hanya diluar saja, hanya pertobatan lahiriah melalui  kosmetik agama, dengan polesan agamawi, polesan tradisi, polesan emosi agama yang dangkal dengan kekuatan sendiri tidak melalui kelahiran baru oleh karya Roh Kudus dalam Yesus Kristus sama saja dengan sebuah rumah yang ditinggalkan satu roh jahat, bisa saja baik secara lahiriah namun tetap kosong dan  akan dimasuki kembali oleh roh jahat dan teman-temannya yang lebih jahat. Hanya Yesus Kristus yang bisa dan telah mengalahkan kuasa Iblis dan roh-roh jahat. Yesus berkata setelah mengusir Beelzebul, penghulu setan itu (Mat 12:28),  Tetapi jika Aku mengusir setan dengan kuasa Roh Allah, maka sesungguhnya Kerajaan Allah sudah datang kepadamu.  Yesus datang kedunia ini dari sorga untuk mengalahkan Iblis. Yesus telah mengalahkan kuasa iblis dengan mati di kayu salib dan  bangkit dari maut pada hari ketiga untuk menebus dosa kita. Bersama Yesus kita lebih dari pemenang!Kuasa Iblis dikalahkan! Anda tidak bisa mengalahkan iblis dengan agama-agama, ,perdukunan, mantera-mantera dukun, kesalahen lahiriah dan moralitas. Anda tetap kosong,dan hanya mengundang lebih banyak lagi roh jahat untuk masuk. Hanya dengan mengundang Yesus Kristus kedalam hati kita, mengakui dosa-dosa kita kepada-Nya, minta Roh Kudus memenuhi hati kita yang kosong barulah kita bisa benar-benar bisa diselamatkan dari serangan balik roh-roh jahat, dari kuasa dosa, dari maut dari kuasa iblis. Haleluya! Hanya di dalam Yesus Kristus saja kita bisa mengalami perubahan yang sejati yang  total, yang kekal, yang menyelamatkan sampai selama-lamanya. Diluar Yesus , tanpa Yesus, anda tetap kosong!                                                                        

3. Mari kita lihat ay. 45, “Lalu ia keluar dan mengajak tujuh roh lain yang lebih jahat dari padanya dan mereka masuk dan berdiam di situ. Maka akhirnya keadaan orang itu lebih buruk dari pada keadaannya semula. Demikian juga akan berlaku atas angkatan yang jahat ini.” Ayat ini menggambarkan akibat dari orang yang berusaha berubah, berusaha selamat dengan mengandalkan kekuatannya sendiri, tidak mau taat, dan percaya dan melibatkan Yesus Kristus sebagai  Tuhan dan Juruselamat hidupnya. Akibatnya “ orang itu lebih buruk dari keadaannyanya semula”.  Saudara-saudaraku, sekali ikut Yesus tetap ikut Yesus, jangan setengah-setengah, ikut sepenuhnya, taat sepenuhnya, jangan plin-plan, jangan mendua hati. Kalau sudah pernah menerima Yesus tapi kembali lagi kepada kepercayaan yang lama, dosa yang lama, murtad maka akibatnya bisa lebih buruk dari pada kalau belum pernah mengenal Yesus sama sekali, seperti yang Petrus katakan “Sebab jika mereka, oleh pengenalan mereka akan Tuhan dan Juruselamat kita, Yesus Kristus, telah melepaskan diri dari kecemaran-kecemaran dunia, tetapi terlibat lagi di dalamnya, maka akhirnya keadaan mereka lebih buruk dari pada yang semula ( 2 Pet 2: 20). Contohnya Yudas Iskariot, murid Yesus sendiri, sudah ikut Yesus, sudah melayani bersama Yesus hampir 3 tahun, karena tidak percaya sepenuhnya kepada Yesus dan godaan uang akhirnya menjual Yesus dengan 30 keping uang perak, menyesal dan mati gantung diri. Keadaan Yudas lebih buruk dari pada keadaannya semula.  Roh-roh jahat itu jika tidak ditangani dengan tuntas dengan iman kepada Yesus Kristus, bisa akan meluas dan berkembang biak, karena tujuan roh jahat itu adalah menghancurkan manusia dan melawan kehendak Allah. Cepat-cepat dan segeralah tinggalkan dosa yang masih melekat, jangan kembali kepada dosa yang lama, sebelum terlambat untuk bertobat dan satu roh jahat datang bersama-sama tujuh teman-temanyya yang lebih jahat masuk menyerang rumah jiwa mu!                                                                WASPADALAH! ROH JAHAT MENCARI RUMAH YANG KOSONG, BERSIH TERSAPU DAN RAPI TERATUR; ISILAH RUMAH JIWAMU DENGAN YESUS KRISTUS!                                                                                                                              


APLIKASI:                                                                                                                                                                                                                    
 1.Janganlah anda menjadi orang Kristen yang cuma berubah agamanya saja tapi tidak pikirannya, cara berpikirnya,  kebiasaannya, gaya hidupnya tetap tidak berubah. Masih kompromi dengan kebiasaan dan tradisi kepercayaan lama. Mari datang kepada Yesus Kristus secara pribadi, undang Yesus mengisi hatimu yang masih kosong, mohon ampun atas segala dosa-dosamu, minta Roh Kudus memenuhi mu dan merubah gaya hidup dan pikiran mu menjadi manusia yang baru bukan hanya agama yang baru.                                                                                                                                                                           

2.Jangan kita menjadi orang yang pergi ke gereja hanya ikut-ikutan saja, tidak mau memberi diri sepenuhnya kepada Tuhan Yesus Kristus, masih mendua hati, tidak mau taat sepenuhnya kepada Yesus, misalnya tidak mau dibaptis sebagai tanda pertobatan. Mari datang kepada Yesus Kristus secara pribadi, undang Yesus mengisi hatimu yang masih kosong, mohon ampun atas segala dosa-dosamu, minta Roh Kudus memenuhi mu dan merubah gaya hidup, hati dan pikiran mu.                                                                                        

3.Janganlah kita menjadi orang Kristen yang cuma emosi semata, tidak mau belajar dan mendalami kebenaran firman Tuhan, sepertinya semangat kalau bernyanyi, tapi dalam hati dan pikirannya kosong dari firman Tuhan yang benar dan sehat bagi pertumbuhan rohani. Tanpa firman Tuhan yang hidup didalam hati dan pikiran kita akan gampang diserang dan menyerah kepada godaan roh jahat. Mari, berdoa kepada Tuhan, minta kuasa Roh Kudus turun memenuhi mu untuk bisa mencintai firman Tuhan, membaca dan merenungkannya setiap hari. Amin.                                                                                                                                                               

Doa: Tuhan Yesus, sentuhlah kami dengan kasihmu, kami rindu hadirat-Mu memenuhi setiap hati, setiap jiwa khususnya saudara-saudara kami yang mungkin masih kosong dari padamu, masih kosong dari pada Roh Kudus, penuhilah mereka, penuhilah kami lagi dengan kuasa Roh Kudus, kami tidak mau ada satu roh jahat pun kembali memasuki rumah setiap jiwa, apalagi tujuh roh jahat yang lebih jahat, “Dalam nama Tuhan Yesus “kami usir keluar dari setiap hati dan pikiran, masuklah dan berkuasalah sepenuhnya atas kami. Amin.                                                                                                                                                                                                                   

 

(Lagu: Kekuatan di hidup ku/Dalam Yesus)Minggu, 19-Februari-12, GBI JL.MARTADINATA, SUNGAILIAT BANGKA, Sermon BY Johannes Saragih.

2 Tanggapan

  1. Terimakasih bang atas pencerahannya! Terpujilah Tuhan dalam persatuan Bapa, Putra dan Roh Kudus. Amin

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: