TUHAN YESUS PASTI DATANG KEMBALI ! JAGA HATIMU DAN BERJAGA-JAGALAH SERTA BERDOALAH SENANTIASA SUPAYA KAMU TAHAN BERDIRI DIHADAPAN ANAK MANUSIA Teks: Lukas 21 : 25-36

(Dikotbahkan oleh Johannes Saragih Sth di GBI Jl. Maria Goretti Sungailiat Bangka Minggu pagi tgl 15-Mei-2011)

Kapankah Tuhan Yesus datang kembali ? Kedatangan Yesus yang pertama di bumi dari surga yang merupakan inkarnasi Allah telah terjadi kira-kira 2000 tahun yang lalu. Kedatangan Yesus yang pertama adalah dalam rangka menebus dosa manusia dengan mati di kayu salib, mati dan bangkit pada hari yang ketiga, selama empat puluh hari menampakkan diri-Nya kepada murid-murid-Nya, naik ke surga dan janji-Nya Dia akan kembali untuk menghakimi orang yang hidup dan mati. Dalam masa penantian eskatologis ini sejumlah orang pernah meramal dan secara spekulatif menetapkan tanggal, bulan dan tahun kedatangan Yesus yang kedua kali. Contoh yang paling terkenal adalah William Miller, pengkotbah Baptist yang meramal dunia akan kiamat antara 21 Maret 1843 dan 21 Maret 1844. (Ketika kiamat tidak datang dia mengubah tanggal menjadi 22 Oktober. Diperkirakan sekitar 100.000 pengikutnya menjual harta mereka dari tahun 1840 dan 1844 dan pergi ke pegunungan menunggu akhir jaman. Pengikut-pengikut Miller ketika Yesus tidak datang juga seperti yang diramalkan berdalih bahwa Yesus memang telah datang kembali namun kita tidak melihatnya karena itu terjadi di surga bukan di bumi dan kemudian menjadi gerakan The Seventh Day Adventist. Kemudian tahun 1914 Charles Taze Russel pendiri Saksi Yehova meramalkan kedatangan Yesus yang kedua akan terjadi di tahun 1914. Kabar terakhir Harold Camping, 89 tahun, pendeta dari jaringan The Family Radio, dengan yakin mengkotbahkan di YouTube video yang dikirimkan tahun lalu, bahwa 21 Mei 2011 jam 6 sore Yesus akan dating kembali. Menurut Harold Camping memperkirakan sekitar 207 juta orang, atau sekitar 3% populasi dunia akan ditarik dari bumi. Apa yang terjadi dalam lima bulan berikutnya akan terjadi gempa bumi dan bencana alam lainnya sampai kiamat dunia terjadi 21 Oktober 2011. Pengikut-pengikut Harold Camping begitu percaya sampai menjual rumah mereka, berhenti bekerja, menghabiskan uang mereka untuk mendanai kampanye akhir jaman versi mereka dengan mencetak brosur, pampflet sampai billboard besar di pinggir jalan. Diperkirakan dana yang terkumpul sekitar 100 juta dolar AS. Sebelumnya Harold telah meramalkan tahun 1994 akan kiamat. Dan meralatnya karena kesalahan perhitungan matematis menjadi 21 Mei 2011.
Sepanjang sejarah gerakan-gerakan hari kiamat ini terus bermunculan, khususnya dimasa-masa perang, instabilitas ekonomi dan politik. Di Indonesia pun pernah muncul sekte akhir jaman Pondok Nabi yg dipimpin seorang pendeta berinisial S. Kesalahan yang sama pun terjadi , Yesus tidak datang seperti yang diramalkan, sementara para pengikutnya telah menjual harta mereka, meninggalkan rumah mereka, berhenti bekerja. Akhirnya sang pendeta itu pun ditangkap polisi dan masuk penjara. Tragis dan memalukan karena Yesus sendiri 2000 tahun yang lalu telah memperingatkan dalam Lukas 21: 7-8 “Waspadalah, supaya kamu jangan disesatkan. Sebab banyak orang akan dating dengan memakai nama-Ku dan berkata: Akulah Dia, dan: Saatnya sudah dekat. Janganlah kamu mengikut mereka. Garis bawahi “Janganlah kamu mengikut mereka”. Yesus berbicara tentang kapan waktunya Dia datang dalam Matius 24: 36 tidak seperti nabi-nabi palsu yang suka menduga-duga dan berspekulasi tentang akhir jaman Yesus justru berkata : “Tetapi tentang hari dan saat itu tidak seorangpun tahu, malaikat-malaikat di sorga tidak, dan Anak pun tidak, hanya Bapa. Garis bawahi “ hanya Bapa”, bukan Miller, Russel, Sibueya, Camping, dan kemungkinan masih akan ada lagi nabi-nabi palsu “spesialis peramal akhir jaman”. Pesan Tuhan Yesus kepada murid-murid-Nya adalah “janganlah kamu mengikut mereka”. Yesus juga berpesan dalam Lukas 17: 23 : “ Dan orang akan berkata kepadamu: Lihat, ia ada disana; lihat, ia ada disini! Jangan pergi kesitu, jangan kamu ikut, do not run after them. Pesannya adalah orang percaya jangan terjebak dengan fanatisme akhir jaman dengan menduga-duga waktu kiamat dengan spekulasi-spekulasi berdasarkan manifestasi fisik atau tanda-tanda alam bahkan metode membaca dan menafsir Alkitab dengan penekanan kepada spekulasi waktu akhir jaman.
Memang kapan persisnya Tuhan Yesus datang kembali Alkitab tidak beritahu kepada kita, Yesus pun tidak tahu, Bapa saja yang tahu. Namun Yesus memberitahukan kita dalam Injil tanda-tanda akan kedatangan-Nya kembali secara umum tidak mendetail sampai menyebutkan tahun, bulan, tanggal, hari dan jam. (Harold Camping meramalkan Yesus datang sangat mendetail yaitu 21 Mei 2011 hari Sabtu jam 6 sore).

Apa saja tanda-tanda “menjelang” kedatangan Yesus yang kedua kali, kegenapan datangnya Kerajaan Allah ( Inaugurated kingdom) di bumi?
1. Terjadi peperangan dan pemberontakan , bangsa akan bangkit melawan bangsa dan kerajaan akan bangkit melawan kerajaan (Luk 21: 9-10)
‘Dan apabila kamu mendengar tentang peperangan dan pemberontakan, janganlah kamu terkejut. ( Luk 21: 9)
Beberapa perang besar telah terjadi dari Perang Salib, Perang Dunia 1 dan 2, Perang Iran dengan Irak, Gejolak pemberontakan di Timur Tengah ( Mesir, Yaman, Libia) dll.

Mengenai fenomena perang dan pemberontakan ini janganlah kita terlalu menafsirkan berlebih-lebihan dan berspekulasi karena Yesus berpesan, janganlah kamu terkejut. Sebab semuanya itu harus terjadi dahulu, tetapi itu tidak berarti kesudahannya akan datang segera.

2. Akan terjadi gempa bumi yang dahsyat, penyakit sampar dan kelaparan ( Ay. 11). Beberapa gempa bumi yang dahsyat dilihat dari korban jiwa dan materi baru-baru ini seperti gempa bumi di Haiti, Tsunami di Aceh dan terakhir di Jepang. Penyakit hiv (AIDS) yang tidak ada obatnya dan kelaparan hebat di Afrika seperti Ethiopia merupakan fenomena yang jelas.

3. Tanda-tanda yang dahsyat dari langit (ay. 11) dan tanda-tanda pada matahari dan bulan dan bintang-bintang, dan dibumi bangsa-bangsa akan takut dan bingung menghadapi deru dan gelombang laut (ay. 25), orang akan mati ketakutan karena kecemasan berhubung dengan segala apa yang menimpa bumi ini, sebab kuasa –kuasa langit akan goncang. Seorang komentator berpendapat ayat 11 dan 25 ini tidak dimaksud dipahami secara harfiah karena ayat-ayat ini memakai bahasa apokaliptic Perjanjian Lama seperti dalamYoel 2 : 28-32.

4. Bait Allah dihancurkan oleh tentara-tentara Romawi dibawah pemerintahan Titus tahun 70 M (ay. 20)

5. Orang-orang Kristen dianiaya karena iman kepada Tuhan Yesus ( ay. 12-17) Penganiayaan terhadap murid-murid Yesus telah dan masih terjadi seperti di Kisah Para Rasul dan dalam perjalanan sejarah gereja dan saat ini pun sedang terjadi penganiayaan terhadap gereja seperti di beberapa negara yang menentang dan menghambat pemberitaan Injil Kerajaan Allah.

Apa yang terjadi dengan bangsa-bangsa dan orang-orang yang tidak percaya kepada Tuhan Yesus pada kedatangan-Nya kelak? Bangsa-bangsa akan takut dan bingung (ay. 25 b), orang-orang akan mati ketakutan karena kecemasan (ay. 25-26).
Seperti apakah kelak kedatangan Tuhan Yesus? Secara rahasia atau umum ? Apakah “ secret rapture” pengangkatan yang rahasia bagi orang percaya benar? Mari kita lihat ay. 27 “Pada waktu itu orang akan meihat Anak Manusia datang dalam awan dengan segala kekuatan dan kemuliaan-Nya” Semua orang akan melihat dengan mata jasmani bukan sejumlah orang percaya tapi semua orang akan melihat baik orang percaya maupun orang tidak percaya.Hal ini ditegaskan dalam Lukas 17 : 24 Yesus berkata, “Sebab sama seperti kilat memancar dari ujung langit yang satu ke ujung langit yang lain,demikian pulalah kelak halnya Anak Manusia pada hari kedatangan-Nya. Kalau orang yang tidak percaya akan kebingungan dan takut sampai mati ketakutan karena cemas namun berbeda dengan orang-orang percaya, sekiranya saat ini Yesus datang dalam awan kita yang merindukannya pasti akan bangkit dan mengangkat muka dengan penuh kerinduan bertemu dengan mempelai pria Yesus Kristus kekasih jiwa kita. ( baca ay. 29).
Dapat disimpulkan beberapa ciri-ciri umum kedatangan Tuhan Yesus kedua kali yaitu:
1. Bisa dilhat semua orang dengan mata jasmani secara umum bukan “secret rapture” (Luk 17: 24, Luk 21: 27)
2. Tidak diduga-duga, tidak disangka-sangka, tiba-tiba ( …supaya hari Tuhan jangan dengan tiba-tiba ay.37, Tuhan datang seperti pencuri pada malam hari 1 Tes 5: 2, hari Tuhan akan tiba seperti pencuri 2 Pet 3: 10 ) Kebenaran ini menunjukkan betapa sesatnya orang-orang yang meramalkan tanggal, bulan, hari dan jam kedatangan Yesus kembali.
3. Kehidupan berjalan normal ( …mereka makan dan minum, mereka kawin dan dikawinkan (Luk 17: 27,…mereka makan dan minum, mereka membeli dan menjual, mereka menanam dan membangun. Demikianlah halnya kelak pada hari, dimana Anak Manusia menyatakan diri-Nya Luk 17 17: 28, 30)
4. Kedatangan Tuhan itu sabar bukan lambat ( Tuhan tidak lalai menepati janji-Nya, sekalipun ada orang yang menganggapnya sebagai kelalaian, tetapi ia sabar terhadap kamu, karena Ia menghendaki supaya jangan ada yang binasa, melainkan supaya semua orang berbalik dan bertobat 2 Pet 3: 9).

Kita semua merindukan kedatangan Tuhan Yesus kembali menjemput kita diawan-diawan yang permai. Namum kita masih harus menanti dalam masa penantian. Kita tidak tahu untuk berapa lama mungkin bisa saja kita mati sebelum kedatangan Tuhan kembali, jangan takut dan bimbang karena kalau kita mati dalam Kristus kita akan lebih dahulu bangkit seperti yang diajarkankan oleh Rasul Paulus kepada jemaat Tesalonika , “ Sebab pada waktu tanda diberi yaitu pada waktu penghulu malaikat berseru dan sangkakala Allah berbunyi, maka Tuhan sendiri akan turun dari sorga dan mereka yang mati dalam Kristus akan lebih dahulu bangkit;( baca 1 Tes 4: 13-18).

Jadi bagaimana gaya hidup kita dalam masa penantian ini? Walaupun disebut masa penantian bukan berarti kita berdiam diri, pasif dan tidak berbuat apa-apa. Yesus memberikan peringatan kepada murid-murid-Nya dulu dan juga masih berlaku untuk gereja Tuhan saat ini dalam Lukas 21 : 34-36 :
1. Jagalah dirimu supaya hatimu jangan sarat oleh pesta pora dan kemabukan serta kepentingan-kepentingan duniawi (ay.34). Jagalah , Be on guard (NASB) artinya sikap hati-hati dalam penguasaan diri akan hawa nafsu, tetap sadar dan waspada akan godaan-godaan duniawi. Terus menerus sadar dan siap. Aktif dalam melayani.
Jangan sarat , not weighted down (NASB), sarat artinya kelebihan berat, kelebihan beban. Kelebihan beban apa? Beban pesta pora. Pesta pora berasal dari kata yang memiliki arti kegemaran akan makan dan minum yang beerlebihan di meja pesta. Akibatnya badan berjalan sempoyongan, mual dan tidak sadarkan diri. Sudah makan minum berlebih-lebihan ditambah minum anggur sampai mabuk ditambah lagi pikiran yang lebih mementingkan kepentingan-kepentingan duniawi (bio= kehidupan fisik/jasmani, fana). Menurut istilah populer saat ini yaitu Hedonisme tujuan hidup yang hanya ingin senang-senang, Konsumerisme tujuan hidup yang hanya ingin membeli dan belanja, Individualisme tujuan hidup yang hanya mementingkan diri sendiri dan materialisme tujuan hidup yang hanya ingin mencari kebutuhan-kebutuhan materi yang fa na.” Isme- isme” ini merupakan virus-virus pikiran dan mental yang bias merusak manusia tidak terkecuali orang-orang Kristen. Akibat dari tidak menjaga hati dari kelebihan beban nafsu hedonisme, kemabukan dan kepentingan-kepentingan duniawi yang fana mengakibatkan pikiran dan hati tidak peka atau sensitive lagi, atau peduli lagi dengan hal-hal yang rohani seperti ibadah, firman Tuhan, dan kekekalan yaitu kedatangan Yesus yang kedua kali akibatnya dikatakan dalam ay. 35 b “hari Tuhan bisa tiba-tiba jatuh ke atas dirimu seperti jerat. Binatang yang terperangkap dalam jerat atau perangkap biasanya hanya melihat sedapnya umpan, tidak sadar lagi itu adalah jebakan dan secepat kilat mati terperangkap. Jangan itu terjadi kepada kita, asyik dengan dunia ini, tanpa sadar kita sudah masuk perangkap, tragisnya Tuhan Yesus datang, kita tidak dikenal, dicampakkan ke neraka.

2. Berjaga-jagalah senantiasa sambil berdoa ay. 36
Yesus berkata Hati-hatilah dan berjaga-jagalah sebab kamu tidak tahu bilamana waktunya tiba ( Markus 13: 33). Berjaga-jagalah, keep on the alert at all times (NASB). Berjaga-jagalah artinya tetap sadar, tidak lengah, tidak lengah, tidak tertidur, ibaratnya seperti orang yang mengendarai mobil harus tetap sadar, tidak lengah, tidak tertidur, tidak boleh ngantuk, bis-bisa nabrak, fatal akibatnya.
Sambil berdoa, berdoalah selama menantikan Tuhan Yesus datang agar kita kuat, tetap sadar, tidak sarat dengan pesta pora, kemabukan, kepentingan-kepentingan duniawi. Berdoalah untuk kekuatan dan ketahanan menghadapi godaan hidup ini, supaya kamu tahan berdiri dihadapan Anak Manusia nanti. Itulah tujuan pengajaran Tuhan Yesus tentang akhir jaman supaya murid-murid-Nya tahan berdiri dihadapan-Nya nanti ketika Dia datang sebagai hakim atas orang hidup dan mati. Itulah tujuan pengajaran Tuhan Yesus agar kita berjaga-jaga dan berdoa yaitu supaya kita tahan berdiri dihadapan Anak Manusia tidak mati ketakutan karena kecemasan, tidak takut dan bingung, tidak terperangkap dalam jerat.

Penutup:
Tuhan Yesus pasti datang kembali untuk menghakimi orang yang hidup dan mati; Semua orang akan mempertangung jawabkan dirinya sendiri kepada Allah. Bagi mereka yang mengenal Allah dalam Kristus Yesus, kedatangan-Nya adalah hari sukacita, hari kebangkitan, hari pertemuan. Namun bagi orang yang tidak percaya kepada Injil Yesus Kristus, hari kedatangan-Nya adalah hari penghukuman yang tidak bisa dihindari lagi kecuali mereka bertobat sekarang ini pada masa anugerah masih berlaku. Bertobatlah ! Kerajaan Allah sudah dekat ! Datang kepada Yesus sekarang! Besok bisa terlambat, beertobatlah sekarang.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: