MEMASUKI TAHUN 2011, JANGAN TAKUT! YESUS TETAP SAMA, KEMARIN, HARI INI, DAN SAMPAI SELAMANYA. IBRANI 13: 5-8

(KOTBAH Minggu pagi, 16-01-11 di GBI JL.Maria Goretti Sungailiat Bangka oleh
Johannes Saragih Sth)

Memasuki tahun 2011 ini ada berbagai macam ketakutan yang harus kita lawan seperti takut keuangan tidak cukup memenuhi kebutuhan hidup, takut akan situasi hidup yang tidak pasti, takut kehilangan pekerjaan, takut bisnis tidak maju-maju dll. Akibat dari ketakutan itu bisa melemahkan bahkan membuat kita menjauh dari Tuhan dan lebih mementingkan untuk mencari uang. Apa yang Alkitab ajarkan tentang uang bukanlah bagaimana caranya mendapatkan uang yang lebih banyak lagi, tapi lebih daripada itu Alkitab mengajarkan kita untuk tidak tamak akan uang dan belajar untuk berkata cukup dan menguasai diri dari cinta akan uang. Content makes poor people rich, Discontent makes rich people poor (Benjamin Franklin).
Mari kita belajar kebenaran firman Tuhan ini dari Ibrani 13: 5-9 :
Ay. 5 a Janganlah kamu menjadi hamba uang dan cukupkanlah dirimu dengan apa yg ada padamu Dalam terjemahan NASB : Make suer your character free from the love of money…
Dalam Alkitab TB terjemahan Indonesia kata aphilarguros ( ‘without love of money” dari Literat Interlinear GENT) dari teks Yunani diterjemahkan menjadi “hamba uang”, sedangkan terjemahan NIV dan NASB memakai phrasa free from the love of money . Ini menarik, artinya orang yang menjadi hamba uang berarti orang yang terikat dengan cinta akan uang. Hamba uang berarti menginginkan uang berlebih-lebih. Akar dari segala kejahatan adalah cinta akan uang ( 1 Tim 6: 10). Orang yg cinta akan uang, nafsu akan uang tidak peduli lagi dengan hukum, moral,dan dosa. Penjara dipenuhi oleh orang-orang yang menjadi hamba uang, yang cinta akan uang. Orang yg cinta akan uang, nafsu akan uang sulit untuk berkata cukup. Rasa cukup (contententment) bukanlah mendapatkan apa yang engkau inginkan, tetapi menyukai,menginginkan apa yang sudah engkau miliki saat ini. Pesan Paulus kepada Timotius dalam 1 Tim 6: 6-8 : Memang ibadah itu kalau disertai rasa cukup, memberi keuntungan besar. 7 sebab kita tidak membawa sesuatu apa kedalam dunia dan kita pun tidak dapat membawa apa-apa keluar. 8. Asal ada makanan dan pakaian ,cukuplah. Dunia mendefinisikan apa yg menjadi kebutuhan manusia, ukuran siapa yg kaya , siapa yg bahagia berdasarkan berapa banyak uang yg dimiliki. Seorang ibu yg suka nonton sinetron berkata : “Alangkah senangnya punya anak seperti bintang cilik sinetron Baim, sekali “shooting” dapat uang 50 juta”. Dunia mengajarkan bahwa uang lah yg memenuhi kebutuhan manusia yg paling utama. “Uang memberikan kebahagiaan”. Benarkah itu? Seorang pendeta berkata bahwa ia telah bertemu dengan seorang yang sangat kaya tapi ternyata orang yang sangat kaya itu adalah orang sangat kesepian dan sangat malang. Jhon Lennon almarhum, penyanyi kaya dari Inggris mengakui kebenaran ini dengan lagunya “Money can’t buy me love”, “Uang tidak bisa membelikanku cinta”. Memang benar uang bisa membelikan kita tempat tidur mewah tapi tidak tidur yang nyenyak, uang bisa membelikan kita makanan enak yang mahal tapi tidak selera makan, uang bisa membelikan kita rumah mewah yang besar tapi tidak kehangatan keluarga yang penuh kasih. Kebutuhan yang paling dalam dari hatimu, istrimu, anak-anak mu, keluargamu hanya bisa dipenuhi di dalam Tuhan Yesus Kristus.
Alkitab mengajarkan : Kalau engkau punya pakaian di tubuhmu, punya makanan, dan Yesus Kristus di hati mu, Engkau Kaya! Kalau engkau punya baju di badanmu, bisa makan 2-3 kali sehari dan punya Yesus di hatimu, Engkau Cukup! Cukuplah! Bisakah kita berkata Cukuplah! dengan yakin ditengah godaan jerat materialisme yg ingin lebih dan lebih banyak lagi?. Katakan: CUKUPLAH! Orang-orang Kristen harus bisa berkata “cukuplah”, orang-orang percaya harus bisa bebas dari cinta akan uang. Mengapa? Karena Allah berjanji: “ Aku sekali-sekali tidak akan membiarkan engkau dan Aku sekali-sekali tidak akan meninggalkan engkau.” Apakah saudara mengalami kekurangan saat ini, kesakitan, penganiayaan, kesusahan, Ingat janji Tuhan yg tidak pernah berubah sepanjang tahun, sepanjang masa : “ Aku sekali-sekali tidak akan membiarkan engkau dan Aku sekali-sekali tidak akan meninggalkan engkau.”
Ay. 6 Sebab itu dengan yakin kita dapat berkata: “ Tuhan adalah penolongku. Aku tidak akan takut. Apakah yg dapat dilakukan manusia terhadap aku?” Apakah anda tahu mengapa seorang ayah dengan beberapa anak takut? Karena ayah itu takut kebutuhan keluarganya yg dicintai tidak akan terpenuhi. Kita takut keluarga kita tidak terpenuhi kebutuhannya, kita takut pekerjaan, usaha, dll. yang memenuhi kebutuhan kita akan hilang, bangkrut, di “phk” dll. Ingatlah, bagaimanapun keadaan dompetmu, Tuhan tahu! bagaimanapun keadaan keuanganmu, Tuhan tahu!, perintah-Nya tetap sama tidak berubah , jangan khawatir dengan apa yg hendak kamu makan atau minum, , apa yg hendak kamu pakai,, tetapi carilah dahulu kerajaan Allah dan kebenaran-Nya maka semuanya itu akan ditambahkan kepadamu! ( Mat 6:25, 33). Ayat –ayat ini perlu kita pahami dengan benar yaitu Allah akan memenuhi semua yang kita butuhkan, kebutuhan-kebutuhan pokok manusia seperti makan, minum, pakaaian, dll bukan semua yang kita inginkan. Kita harus membedakan yang mana kebutuhan dan yang mana keinginan.
Ay. 7, Ingatlah akan pemimpin-pemimpin kamu, yg telah menyampaikan firman Allah kepadamu. Perhatikanlah akhir hidup mereka dan contohlah iman mereka. Siapa pemimpin-pemimpin ini yg tetap beriman sampai akhir hidup mereka? Mungkin mereka adalah guru-guru, rasul-rasul yg telah mengabarkan Injil kepada orang-orang Ibrani. Mungkin ada pemimpin mereka yg mati martir karena mempertahankan iman, teladanilah mereka ( band. Ibrani 11 Saki-saksi iman). Ada sebuah kisah tentang seorang pemimpin gereja pada abad ke- 4 ( 304-407). John Chrysostom. Dia dibawa mengadap kaisar yg menentang org Kristen. Kaisar itu berkata kepadanya : “ Aku akan membuang engkau dari negeri ini.” Pendeta Jhon berkata: Baginda tidak akan bisa melakukannya karena segenap dunia adalah rumah Bapa hamba. Kata kaisar lagi : Aku akan membunuh engkau. Jhon menjawab, Baginda tidak bisa melakukan itu, karena hidup hamba dilindungi Kristus di dalam Allah. Kaisar berkata lagi: Aku akan merampas segala harta mu. Ia menjawab, Itu mustahil, karena harta hamba ada di sorga dan kekayaan hamba ada di dalam hamba. Kaisar berkata : Aku akan mengasingkan engkau dari semua sahabatmu, sehingga engkau sendirian. Ia menjawab, Itu pun tidak mungkin baginda lakukan, karena sahabat Ilahi hamba tidak pernah akan meninggalkan hamba.Baginda tidak bisa mendatangkan suatu bahaya apapun ke atas hamba. Pendeta John telah membuktikan imannya sampai mati dan menjadi teladan bagi kita seperti ayat ini “ Tuhan adalah penolongku. Aku tidak akan takut. Apakah yg dapat dilakukan manusia terhadap aku?” Paulus sangat memahami ayat ini dalam Roma 8: 31-35 : Jika Allah di pihak kita, siapakah yang akan melawan kita?, Siapakah yang akan menggugat orang-orang pilihan Allah? Siapakah yang akan memisahkan kita dari kasih Kristus? Penindasan, kesesakan, penganiayaan, kelaparan, ketelanjangan, bahaya, atau pedang? Tidak ada stupun yang dapat memisahkan kita dari kasih Allah, yang ada dalam Yesus Kristus, Tuhan kita.
Apa yang membuat kita tidak takut kekurangan dan puas hati dengan apa yang kita miliki saat ini? Apa yang membuat kita tidak takut dengan situasi kehidupan yang terus berubah, manusa yang bisa berubah-ubah? Yaitu bahwa “Yesus Kristus tetap sama, baik kemarin maupun hari ini dan sampai selama-lamanya” ( Ibrani 13: 5).
Manusia bisa berubah-ubah seperti musim, hari senang dengan kita, besok bisa benci. Seperti pepatah mengatakan “Banyak uang abang sayang, habis uang abang ditendang”. Keadaan ekonomi bisa berubah-ubah, harga-harga barang kebutuhan hidup terus berubah semakin mahal, tapi Yesus Kristus tetap sama, baik kemarin maupun hari ini dan selama-lamanya. Apa hubungan ayat 8 ini dengan ayat 5-7 sebelumnya? Maksudnya adalah jika dulu pada masa lalu Yesus Kristus bisa dipercaya menjadi penolong orang-orang yang menolak mencintai uang ( menjadi hamba uang) dan puas hati atau cukup dengan apa yang telah mereka miliki, maka hari ini pun Yesus bisa dipercaya bagi setiap orang Kristen di segala generasi dan masa, dalam segala keadaan keuangan bagaimanapun. Apa yang tetap sama dari Yesus Kristus? Kasih-Nya tetap sama. Apakah anda meragukan kasih Tuhan saat ini? Kebenaran-Nya tetap sama. Apakah anda meragukan kebenaran-Nya saat ini? Hikmat-Nya tetap sama. Kuasa dan kedaulatan-Nya tetap sama. Yesus Kristus tetap sama didasarkan pada nature keilahian-Nya. Yesus adalah Allah. Perkataan-Nya selalu benar dan janji-janji-Nya pasti ditepati. Takhta-Mu ya Allah tetap untuk seterusnya dan selama-Nya, Engkau tetap sama dan tahun-tahun-Mu tidak berkesudahan ( Ibrani 1: 8,13).
Seperti yang ditafsirkan oleh John Piper : “Hari kemarin penting karena Yesus menyatakan diri-Nya pada masa lalu yang menjadi dasar iman kita hari ini. Hari ini penting adalah hanya hari ini kita bisa mengenal Yesus, memilki hubungan secara pribadi dengan Yesus. Yesus yang kita ajarkan, kenal adalah Yesus yang adalah Allah yg telah menjadi manusia pada masa lalu. Esok hari adalah penting karena pada masa datang Yesus ada untuk kita. Yesus yang menyatakan diri-Nya pada masa lalu, harus kita kenal hari ini, kalau kita mengenal Dia hari ini maka Dia ada pada hari esok dalam kekekalan selama-lamanya untuk kita.”
Mari memasuki tahun 2011 ini wahai umat Tuhan, jadikan Yesus Kristus satu-satunya pemuas hidupmu, hatimu, bukan harta, uang, materi , kesenangan duniawi, yang hari ini ada besok bisa lenyap tak berbekas. Jangan takut! Kalau di masa lalu , para pemimpin-pemimpin rohani sebelum kita puas dengan Yesus, maka pada masa kini pun orang-orang percaya bisa puas dengan Yesus. Hanya Yesus Kristuslah yang sanggup memuaskan dahaga hati kita seperti mata air abadi yang tidak pernah kering selama-lamanya. Amin.
“Yesus Kristus tetap sama, baik kemarin maupun hari ini dan sampai selama-lamanya”

Referensi: John Piper sermon, J Wesley Brill :Tafisiran Surat Ibrani, Bob Utrich Commentary, dll.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: