BAGAIMANA MENJADI WANITA KRISTEN YG CANTIK SECARA BATINIAH? 1 PET 3 : 1-5

Saat ini kalau saya lihat di kota ini makin banyak dibuka salon-salon kecantikan, beauty salon. Beauty salon dan klinik-klinik kecantikan itu menawarkan tidak hanya potong rambut biasa,tapi juga bonding, cream bath, mandi lulur, tato alis, menghilangkan bekas jerawat, memutihkan wajah, memancngkan hidung, sampai operasi plastic?.
Ternyata kaum wanita saat ini semakin suka berdandan, bahkan rela membayar dengan ongkos yg mahal agar kelihatan semakin cantik. Bagi istri-isti kelihatan cantik dihadapan suami sendiri okey saja tidak masalah, wajar. Asal jangan ingin kelihatan cantik dengan pria lain. Bahaya.
Memang salah satu cara agar suami betah di rumah adalah sang istri tetap menjaga penampilannya, tetap kelihatan menarik dan cantik. Jangan istri kelihatan cantik pada waktu baru nikah saja, setelah sekian tahun menikah, tidak mau merawat badan lagi, bisa-bisa sang suami bosan. Memang kecantikan secara fisik bagi wanita itu penting dan juga umumnya kaum pria suka melihat wanita yang cantik, bersih, dan harum. Namun kecantikan secara fisik itu tidak akan bertahan lama. Secara alami kita semua akan semakin tua. Waktu gadis kulit masih kencang, sudah punya 2 atau 3 anak pipi mulai kendor, badannya tidak langsing lagi, mulai muncul keriput di wajah, Operasi plastic tidak bisa menyembunyikan proses penuaan, umur terus bertambah. Kemolekan adalah bohong dan kecantikan adalah sia-sia, tetapi istri yang takut akan Tuhan dipuji-puji ( Ams 31: 30). Pasti kaum ibu senang menjadi istri yang dipuji-puji suami, walaupun tidak cantik lagi seperti waktu pacaran dulu?

Bagaimana caranya ? Yaitu dengan mengembangkan kecantikan batiniah atau inner beauty seperti yg Alkitab ajarkan :

1 Pet 3 : ay. 4 Tetapi perhiasanmu ialah manusia batiniah yg tersembunyi , dengan perhiasan yg tidak binasa yg berasal dari roh yg lemah lembut dan tenteram

Memiliki roh yang lemah lembut dan tenteram adalah sumber kecantikan batiniah yang memancar dari dalam hati. Kecantikan fisik yang eksternal tidak menjamin terpancarnya kecantikan batiniah.
Ada manusia batiniah ada manusia lahiriah. Manusia batiniah yg tersembunyi adalah kualitas hati yg tidak bisa dilihat secara langsung. Manusia lahiriah adalah bisa dilihat secara fisik. Rasul Paulus menjelakan dalam 2 Kor 4 : 16 bahwa dalam diri seorang manusia ada dua dimensi : “ Sebab itu kami tidak tawar hati, meskipun manusia lahiriah kami semakin merosot, namun manusia batiniah kami dibaharui dari sehari kesehari.”

Menjadi wanita atau istri ygcantik hatinya pada ay. 4 diibaratkan mengenakan perhiasan batiniah yg tidak bisa binasa. merosot. Pada ayat 3 sebelumnya, perhiasan batiniah dibandingkan dengan perhiasan yg secara lahiriah, yang eksternal, dari luar, bisa dilihat secara langsung , bisa binasa, yaitu dengan mengepang-ngepang rambut, memakai perhiasan emas atau mengenakan pakaian-pakaian ygn indah-indah. Model rambut, perhiasan emas dan fashion ini adalah mengacu kepada fashion dan model rambut yg sangat mahal dan mewah dari wanita-wanita di abad pertama di Roma Yunani. Wanita Kristen harus bijaksana dalam membelanjakan uang. Jangan sampai karena tergoda dgn kemewahan uang belanja untuk biaya sekolah anak-anak, keperluan dapur, dikorbankan. Dan juga jangan sebagai istri menekan suami untuk membeli barang-barang mewah yg tidak dibutuhkan tapi karena gengsi, latah, sehingga suami bisa – bisa jadi korupsi, karena lebih besar pengeluaran dari pada pendapatan, lebih besar pasak daripada tiang.

Bagaimana seseorang itu bisa menjadi manusia batiniah yg memiliki roh yg lemah lembut dan tentram? Manusia batiniah yg tersembunyi ini adalah pribadi baru yg telah diubahkan secara supranatural oleh Roh Kudus ketika mengalami kelahiran baru dalam Kristus Yesus. Barang siapa di dalam Kristus ia adalah ciptaan baru , yg lama sudah berlalu yg baru sudah datang. ( 2 kor 5: 17). Seperti janji Allah dalam Yeh 36: 26: Kamu akan Ku berikan hati yg baru, dan roh yg baru di dalam batinmu dan Aku akan menjauhkan dari tubuhmu hati yg keras dan Kuberikan kepadamu hati yg taat. Setelah diselamatkan oleh Yesus, kita memiliki hati yg baru, roh yg baru dan mengenakan perhiasan yg tidak binasa yg berasal dari roh yg lemah lembut dan tenteram. Kalau Yesus Kristus sifatnya lemah lembut, wanita Kristen haruslah lemah lembut. Lemah lembut sebagai istri terhadap suami yakni sabar, tidak mendendam, tidak cepat marah, tersinggung kalau suami marah. Lemah lembut bukan berarti diam saja kalau suami salah, tetapi bisa menegor, menasihati suami dengan kasih. Wanita yang rohnya tenteram, itu tenang dalam mengasuh rumah tangganya, damai, tidak suka ribut, taat sama suami, bisa menguasai diri , yang penting baginya adalah anak-anak bisa dirawat dengan baik, dikasihi, diperhatikan, suaminya diperhatikan makannya, kesehatannya, ia memikirkan bagaimana suaminya betah di rumah setelah bekerja.dll.
Seperti firman Tuhan ini katakan :
“ Demikian juga kamu, hai istri-istri, tunduklah kepada suamimu, supaya jika ada diantara mereka yg tidak taat kepada Firman, mereka juga tanpa perkataan dimenangkan oleh kelakuan istrinya, jika mereka melihat, bagaimana murni dan salehnya hidup istri mereka itu.” (1 Pet 3 : 1-2)

Maksudnya ayat 1 dan 2 ini dikaitkan dengan ayat 4 adalah dengan memiliki roh yg lemah lembut dan tenteram seorang istri dari suami yg belum percaya atau tidak seiman ( atau suami yg belum bertobat sungguh-sungguh) pasti dengan rela tunduk kepada suaminya, memiliki kelakuan sehari-hari dengan murni dan saleh akan menjadi kesaksian Injil yg lebih kuat daripada kesaksian secara verbal semata.

Kecantikan hati yang berasal dari roh yg lemah lembut dan tentram yang dikembangkan melalui hubungan yg dekat dengan Tuhan akan membuat istri-istri tetap menarik bagi suami-suami , meskipun kecantikan fisik semakin meredup sepanjang tahun. Amin

Dikotbahkan oleh Johannes Saragih Sth, Senin, 17-1-11, di Ibadah gabungan Wanita Bethel Indonesia Se-Sungailiat di GBI JL. Maria Goretti Sungailiat Bangka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: