ENGKAU HARUS DILAHIRKAN KEMBALI UNTUK MASUK KE DALAM KERAJAAN ALLAH (YOH 3:1-10;14-16)

KELAHIRAN KEMBALI ADALAH BAGIAN DARI RENCANA KESELAMATAN ALLAH KEPADA ORANG BERDOSA YANG TERMASUK DALAM TAHAP PEMBENARAN MERUPAKAN MATA RANTAI YANG TIDAK TERPISAHKAN DARI MATA RANTAI LAINYA YAITU TAHAP PENGUDUSAN DAN TAHAP PEMULIAAN. KITA AKAN BELAJAR TENTANG APA ITU KELAHIRAN KEMBALI SEPERTI YG YESUS KATAKAN DALAM BACAAN KITA INI.
Baca ay.1: Adalah seorang Farisi yg bernama Nikodemus seorang pemimpin agama Yahudi. Ada seorang Farisi, namanya Nikodemus,pekerjaannya: pemimpin agama Yahudi. Nikodemus datang pada malam hari menemui Yesus. Apa tujuan Nikodemus datang? Mengapa malam hari? Baca: Ay.2. Rabi,kami tahu bahwa engkau datang sebagai guru yg diutus Allah;sebab tidak ada seorangpun yg dapat mengadakan tanda-tanda (mujizat)yg Engkau adakan itu,jika Allah tidak menyertainya.
Nikodemus memanggil Yesus Rabi, ini adalah suatu penghormatan dan pengakuan dari Nikodemus terhadap Yesus karena panggilan RABI artinya Guru, adalah bentuk sapaan Ibrani bagi ahli Taurat dan Farisi.Padahal Nikodemus,seorang rabi juga, guru senior,seorang pemimpin agama Yahudi dari golongan FARISI: yaitu golongan para rabi dan Ahli Taurat yg sangat berpengaruh dalam mengatur kehidupan masyarakat Yahudi, yg berpegang pada Taurat Musa dan adat istiadat nenek moyang. Ini artinya Nikodemus dengan rendah hati mengakui bahwa Yesus itu lebih tinggi wibawanya daripada dia sendiri yg juga seorang guru agama Yahudi bahkan sebagai pemimpin senior,. Nikodemus mengakui otoritas ilahi dari Yesus, sehingga ia mengatakan Yesus bukan sembarang guru agama pada umumnya tetapi “seorang guru yg diutus Allah”. Apa dasar pengakuan Nikodemus ini? Dasarnya seperti yg ia katakan: “sebab tidak ada seorangpun yg dapat mengadakan tanda-tanda yg Engkau adakan itu,jika Allah tidak menyertainya” . Tanda-tanda apa? Mujizat-mujizat apa yg dilakukan Yesus sampai-sampai seorang pemimpin terhormat agama Yahudi datang pada malam hari menemui-Nya? Kita lihat konteks sebelumnya pada Yoh 2: 1-11, yaitu mujizat mengubah air menjadi anggur dalam acara perkawinan di Kana. Ini adalah mujizat pertama yg Yesus lakukan (ay.11), dan masih banyak mujizat lain yg Yesus lakukan sehingga dikatakan dalam ay.22 banyak orang yang percaya kepada Yesus,termasuk Nikodemus. Jadi Nikodemus datang kepada Yesus untuk mengungkapkan kekagumannya (kata kami:berarti bukan dia saja) karena telah “melihat” mujizat-mujizat yg Yesus lakukan sebelumnya. Kekaguman secara langsung dari seorang Nikodemus,yg adalah peminpin agama Yahudi dari golongan Farisi,kepada Yesus Kristus,yang dibenci oleh teman-teman sejawatnya yg lain yaitu imam-imam kepala dan ahli-ahli Taurat (Yoh 2:12;Mark 11:18;Luk 19:47) adalah resiko dan berbahaya bagi pekerjaan dan reputasinya,,dia bisa dikeluarkan, sehingga Nikodemus datang malam hari.
Kedatangan Nikodemus kepada Yesus pada malam hari yang berresiko itu ternyata tidak sia-sia. Ini adalah malam yg terpenting dalam hidupnya.Ini adalah percakapan yg terpenting dalam hidupnya dan mengubah hidupnya selanjutnya.(Nikodemus membela Yesus, Yoh7:45-52;turut menguburkan Yesus,Yoh 19:39-41)Ini percakapan penting karena pada malam itu Yesus berbicara kepada Nikodemus tentang hal yang paling penting di hidup ini yaitu tentang keselamatan, tentang syarat untuk bisa masuk ke dalam Kerajaan Allah, tentang surga dan neraka, tentang hidup yang kekal.tentang mujizat kelahiran kembali! Percakapan ini adalah percakapan penting yg tercatat hanya di dalam Injil Yohanes,yang mana dari percakapan inilah pengajaran tentang kelahiran kembali,lahir baru,atau regenerasi, berawal dan dijelaskan dalam surat-surat Perjanjian Baru. Mari kita lihat betapa pentingnya percakapan ini bermula. Pertama Nikodemus berbicara tentang kekagumanmannya kepada Yesus karena melakukan tanda-tanda (mujizat), tapi Yesus tidak begitu peduli berbicara tentang tanda-tanda yg Dia lakukan karena Yesus tahu kalau orang-orang hanya percaya karena melihat tanda-tanda mujizat yg Dia lakukan itu belum bisa menjamin untuk masuk ke dalam Kerajaan Allah (Yoh 2:23-25) Karena maksud dari tanda-tanda mujizat yg dilakukan Tuhan Yesus adalah untuk menunjukkan,atau menandakan bahwa Kerajaan Allah sudah dekat.,sudah datang ke dunia ini dengan kelahiran dan pelayanan-Nya di bumi ini.Tanda-tanda mujizat bukanlah pesannya,beritanya.Pesan atau berita dari Kerajaan Allah yang sangat penting adalah ”Yesus Kristus ,sebagai Mesias, datang kedunia ini untuk disalibkan ,mati,dan bangkit pada hari ketiga untuk menebus dosa manusia , setiap orang yg percaya kepada-Nya tidak binasa melainkan memperoleh hidup yg kekal (Yoh 3:16). Untuk bisa percaya kepada pesan atau berita ini seseorang itu harus dilahirkan kembali. Oleh karena itu Yesus menjawab pada ay.3 “Aku berkata kepadamu, sesungguhnya jika seorang tidak dilahirkan kembali, ia tidak dapat melihat Kerajaan Allah”. Melihat dan mengakui tanda-tanda mujizat Yesus bukanlah jaminan untuk masuk ke dalam kerajaan Allah dan Pada ay.5 “Aku berkata kepadamu,sesungguhnya jika seorang tidak dilahirkan dari air dan ROH,ia tidak dapat masuk ke dalam Kerajaan Allah” dan ay.7 ‘Janganlah engkau heran karena aku berkata kepadamu: Kamu harus dilahirkan kembali” Tiga kali Yesus mengatakan tentang kelahiran kembali bahkan kalimat yang terakhir adalah suatu kalimat perintah “Kamu harus dilahirkan kembali”. Perintah Tuhan Yesus ini tidak hanya khusus untuk Nikodemus tapi semua orang, termasuk kita sekarang ini. Ini sangat penting karena jika seorang tidak dilahirkan kembali, ia tidak dapat melihat Kerajaan Allah.

TANPA KELAHIRAN KEMBALI TIDAK BISA MASUK SURGA ,BERADA DILUAR KERAJAAN ALLAH YAITU NERAKA DIMANA ADA RATAP TANGIS DAN KERTAK GIGI SELAMANYA, TANPA KELAHIRAN KEMBALI TIDAK ADA HIDUP KEKAL SELAMANYA DISURGA!
I.APA ITU DILAHIRKAN KEMBALI? APA MAKSUD YESUS DENGAN DILAHIRKAN KEMBALI?
Kalimat dari dilahirkan kembali berasal teks Yunani “genethe =dilahirkan (ini bentuk kata kerja pasif)dalam ayat ini memilki arti kiasan membangkitkan, menghidupkan,, atau hal Allah membuat manusia menjadi anak-anakNya melalui iman kepada karya Yesus dan diikuti kata depan anothen”=dari atas, (atau lagi,kembali), Jadi maksud Yesus disini adalah seseorang itu harus dilahirkan dari atas, artinya kelahiran yang dikerjakan oleh Allah, yaitu Roh Kudus,bukan dari bawah atau dari manusia atau daging.(kelahiran biologis)(ay.6). Perhatikan kembali kalimat pada ay.3…tidak dapat melihat kerajaan Allah dan pada ayat 5…tidak dapat masuk ke dalam kerajaan Allah Kalimat tidak dapat melihat dan tidak dapat masuk ke dalam kerajaan Allah artinya tanpa kelahiran kembali atau kelahiran dari atas, pertolongan supranatural dari Roh Kudus (ay. 5) manusia itu selamanya buta dan mati secara rohani. Buta untuk melihat kemuliaan Yesus, mata rohaninya buta untuk beriman kepada Yesus yang adalah Allah yg telah menjadi manusia dan tinggal diantara kita, rohnya mati tak berdaya untuk beriman agar bisa masuk ke dalam Kerajaan Allah. Karena mayat itu tidak bisa melihat apalagi berjalan .Apa yg terjadi jika engkau tidak dilahirkan kembali dari atas? Tanpa kelahiran kembali seperti apa kondisi rohani kita? Pentingnya menyadari kondisi kematian rohani manusia akan membuat kita menghargai doktrin kelahiran kembali ini, karya Allah ini BACA:semua manusia itu mati rohaninya maka perlu dihidupkan kembali secara rohani: Roma 3-23;6:23; dan Efesus 2:1;,4,5 ;Luk 15:32).

I.1 Jadi apa itu maksud dari dilahirkan kembali,lahir baru,regenerasi?
Beberapa definisi dari beberapa sumber yg saya catat: ~ Kelahiran baru adalah suatu pekerjaan supranatural oleh Roh Kudus untuk memasukkan kehidupan rohani ke tempat yg tidak ada kehidupan rohani sebelumnya(JhonPiper) yaitu manusia yang telah jatuh dalam dosa,yang telah mati secara rohani.( Roh lah yg memberi hidup,daging sama sekali tidak bergunaYoh 6:63). ~ Kelahiran baru merupakan pekerjaan tersembunyi yg dilakukan Roh Kudus atas orang berdosa yg dijadikan baru, atau ciptaan baru oleh kuasa RK,sepenuhnya kedaulatan ALLAH, tidak bisa dilihat langsung dengan mata,tapi bisa dialami,dirasakan dan dipahami, dan terjadi secara langsung sekali saja namun berlaku seumur hidup(Yoh :.6,Yoh 1:13).
II.Apa yg terjadi dalam kelahiran kembali (baru)?
1.Dalam kelahiran kembali (baru)Roh Kudus memberikan kepada orang berdosa hati yg baru,roh yg baru sehingga menjadi ciptaan yg baru dan kehadiran Roh Kudus yg tinggal di dalam diri manusia baru itu. Mari kita lihat,BACA ay.4-6. Nikodemus salah mengerti dengan maksud Yesus dengan istilah dilahirkan kembali maka ia berkata bagaimanakah mungkin seorang dilahirkan kalau ia sudah tua, karena memang kata kembali dari kata anothen bisa berarti dari atas,, itulah yang dimaksud Yesus :“dilahirkan dari atas”.Nikodemus memahaminya “dilahirkan lagi” Maka Yesus menjelaskan lebih lanjut yang dimaksud dilahirkan dari atas adalah “dilahirkan dari air dan Roh (ay.5) yang dlahirkan dari daging, adalah dari daging, yg dilahirkan dari Roh,adalah roh. Artinya diperlukan kelahiran rohani oleh Roh Kudus kepada manusia untuk bisa masuk ke dalam Kerajaan Allah. Yesus terus menjelaskan kepada Nikodemus (baca ay.8). Namun Nikodemus masih tidak mengerti juga (ay.9), maka Yesus menjawab “Engkau pengajar Israel dan engkau tidak mengerti hal-hal itu? Nikodemus walaupun seorang Ahli Taurat ternyata dia tidak mengetahui adanya janji Allah dalam Kitab Yehezkiel (PL) yang menyiratkan tentang ungkapan “dilahirkan dari air dan Roh yaitu dalam Yeh 36:25-27: “Aku akan mencurahkan kepadamu air jernih…Kamu akan kuberikan hati yg baru, dan roh yg baru, hati yang taat (peka,lembut), Roh-Ku akan Kuberikan diam dalam batinmu dst.Dalam ayat ini Allah berjanji untuk membersihkan manusia dari dosa dan karunia roh manusia yg baru oleh kehadiran Roh Allah sendiri YOH 3: 5 dengan Yeh 36: 25-27 saling melengkapi. Jadi maksud dilahirkan dari air dan Roh, kata air bukan air secara harfiah misalnya air baptisan atau air ketuban di dalam rahim waktu melahirkan(tafsiran lain) tetapi lambang dari penyucian rohani atau pembersihan rohani ,atau lambang kelahiran kembali yg dikerjakan Roh Kudus melalui firman Allah pada waktu keselamatan terjadi..Baca Titus 3:5, Efesus 5:26;ibrani 10;22. Jadi air dan Roh Kudus dalam ay.5 adalah aspek yg berbeda dari satu peristiwa yg sama (kelahiran kembali) yaitu air adalah lambang penyucian dosa dan Roh memberi kekuatan,menerangi mata hati.
2. Dalam Kelahiran kembali( Baru) Roh Kudus secara supranatural memberikan kita kehidupan rohani yg baru dengan menghubungkan kita dengan Yesus Kristus melalui iman (Jhon Piper). Karena tanpa Yesus tidak ada kehidupan kekal, Yesus adalah jalan,kebenaran dan hidup, tidak ada seorangpun yg datang kepada Bapa tanpa melalui Yesus, Yesus adalah Roti Hidup (Yoh 6),dengan percaya kepada Yesus ADALAH MESIAS,ANAK ALLAH,maka kita memperoleh hidup dalam nama-Nya. Baca Yoh 3: 16; Karena begitu besar… Artinya tidak ada Yesus Kristus tidak ada kelahiran kembali,tidak ada kelahiran kembali tidak ada kehidupan kekal. Kelahiran kembali oleh Roh Kudus memberikan kesanggupan iman untuk percaya kepada Yesus Kristus dan menerima Yesus Kristus sebagai Tuhan dan Juruselamat Penebus dosa, hasilnya Allah memberi hak kepada setiap orang yg percaya dan menerima Yesus itu untuk menjadi anak-anak Allah ( Baca Yoh 1:12-13)

PUJI TUHAN,HALELUYA,
SUNGGUH BESAR ANUGERAH-NYA!

Penutup: Saudara-saudaraku yg terkasih, tidak ada alternative lain supaya seorang bisa selamat, bisa melihat Kerajaan Allah, bisa masuk Kerajaan Allah,bisa masuk surga kecuali dengan dilahirkan kembali oleh Roh Allah, Ini adalah tahap awal dari rencana keselamatan dari Allah.

Kelahiran kembali bukan sekedar dibaptis,bukan sekedar menjadi anggota gereja,bukan sekedar beragama,bukan sekedar memakai symbol-simbol Kristen(kalung salib dll.).bukan sekedar dilahirkan oleh orang tua Kristen TETAPI SUATU PERISTIWA IMAN YANG TERJADI SEKALI DALAM HIDUP YG HARUS DIALAMI SECARA PRIBADI KETIKA SEORANG MEMBUKA HATINYA OLEH DORONGAN ROH KUDUS UNTUK MENERIMA KRISTUS SEBAGAI TUHAN DAN JURUSELAMAT SECARA PRIBADI. Saat ini Roh Kudus hadir ditengah kita, kita tidak bisa melihat gerak-Nya, tapi Roh Kudus bekerja dengan otoritas-NYa ketika Injil Yesus Kristus diberitakan untuk memberikan kelahiran kembali kepada setiap orang yang membuka hatinya , percaya dan menerima Yesus Kristus sebagai Tuhan dan Juruselamat Penebus dosa secara pribadi.

Referensi: Pst Jhon Piper (Regeneration Series), Pengajaran Dasar GBI, Pembenaran dan Kelahiran Kembali,dll.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: