Tiga Karakter Manusia Baru Dalam Kristus (Efesus 4:2)

1. Rendah Hati (Efesus 4:2)

Manusia baru memiliki sifat ilahi seperti Kristus yaitu rendah hati.
Kata rendah hati ini seperti yang tertulis dalam Efesus 4: 2. Paulus menasehatkan jemaat Efesus untuk rendah hati selalu. Dalam The Thelogical Dictionary of The New Testament kata rendah hati mengandung makna menundukkan diri sendiri kepada orang lain dan menjadi lebih peduli terhadap kesejahteraan mereka daripada diri sendiri. Dalam bahasa psikologi dikenal istilah altruistik atau lebih umum, sifat kepribadian yang tidak egois.Yesus pernah menunjukkan sifat ini ketika Dia membasuh kaki murid-murid-Nya sebagai teladan seorang pemimpin hamba (servant leader).

2. Lemah lembut (Efesus 4:2)

Kata lemah lembut ini juga terdapat dalam Efesus 4:2 yang makna teologisnya dari teks Yunani adalah sikap sederhana dan lemah lembut yang terungkap di dalam ketaatan yang penuh, kesabaran terhadap serangan, bebas dari kebencian dan keinginan untuk balas dendam. Salah satu perkataan Tuhan Yesus di kayu salib mendefinisikan dengan tepat kata lemah lembut ini, “Bapa, Ampunilah mereka, sebab mereka tidak tahu apa yang mereka lakukan”.

3. Sabar (Efesus 4:2)

Kata sabar dalam Alkitab bahasa Inggris yaitu “longsuffering” maknanya “sabar menderita”. Dalam teks Yunani kata ini mengacu kepada daya tahan yang lama dihadapan amukan oposisi dan amarah dari orang lain.Ingat bagaimana respon Yesus ketika disiksa dalam perjalanan memikul salib menuju bukit Golgota seperti yang digambarkan dalam film The Passion Of The Christ.

Satu Tanggapan

  1. trimakasih buat postingan, memberkati dan memberikan banyak pembelajaran.. mohon ijin untuk mengkopy beberapa artikel untuk jadi pembelajaran.
    Tuhan memberkati

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: